Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

BATERAI ANDROID TAHAN LAMA





Ponsel yang menggunakan sistem operasi android merupakan ponsel yang selalu online atau terkoneksi dengan internet setiap saat. Hal ini menjadikan power batrai menjadi cepat berkurang, apalagi dipakai untuk menjalankan aplikasi yang terkoneksi ke internet. Ujungnya, bahwa anda akan sering melakukan charge batrai seseriang mungkin. Hal ini tentu menjadi hal yang menyulitkan bagi pengguna yang dituntut untuk selalu mobile. Ada beberapa tip yang isa anda lakukan agar daya batrai ponsel android anda tidak cepat habis, antara lain sebagai berikut :

•    Setting android anda agar tidak selalu terkoneksi dengan internet.
Memang menggunakan android membuthkan dan menganjurkan penggunanya untuk online, namun hanya diperlukan ketika melakukan sinkronisasi akun-akun dan menggunakan aplikasi yang ada di google antara lain seperti emailm android market, facebook , blog dan sebagainya. Sehingga anda sebenarnya bisa mematikan koneksi internet tersebut dan menggunakannya ketika dibutuhkan saja. Untuk menonaktifkankoneksi internet tersebut, caaranya adalah pada pilihan Setting >Wireless & Network > Mobile Network.

Kemudian hilangkan centang yang ada.


•    Mematikan aplikasi yang berjalan di background.
Ketika kita membuka aplikasi kemudian menutupnya setelah selesai menggunakan dan beranggapan bahwa aplikasi yang sudah benar – benar tertutup, namun kadang ada service lain yang masih berjalan di background dan tidak terlihat. Sekecil apapun service tersebut tetap akan memakan batrai, sehingga sebaiknya anda mematikan aplikasi – aolikasi yang tidak dibutuhkan. Untuk mematikan layanan yang tidak diperlukan tersebut, caranya adalah dengan buka menu Pengaturan > Manajemen Aplikasi
Kemudian akan terbuka layar yang menunjukkan aplikasi yang sedang berjalan. Matikan aplikasi yang tidak digunakan.






 dengan menekan tombol kosongkan maka aplikasi akan ditutup.








•    Mengurangi Brightness dan time-out pada layar.
Layar ponsel android merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai cepat habis karena daya baterai juga digunakan untuk mensuplai tampilan layar, juga dipergunakan untuk input pengguna  hampir semua pengguna ponsel android menggunakan touch screen atau layar sentuh. Sehingga anda bisa mensetting kecerahan layar ponsel dengan secukupnya.
Caranya adalah melalui manu  Setting  Tampilan.

Kemudian anda bisa mengatur waktu layar mati screen time out sesingkat mungkin. Caranya sama seperti diatas Setting > Tampilan > Nonaktifkan layar secara otomatis dan set waktunya sesingkat mungkin misalnya : 15 detik.






•    Hilangkan animasi dan accelerometer / auto-rotate.
Salah satu daya tarik ponsel dengan sistem operasi android adalah interface yang menarik dan atraktif, dilengkapi dengan animasi yang bagus, serta orientasi layar ang mengikuti keinginan pengguna. Jika ponsel dilihat secara horizontal atau landscape maka tampilan layar akan secara otomatis mengikut manjadi bentuk horizontal, begitu juga ketika diposisikan dlaam bentuk vertikal, maka layar juga akan menjadi bentuk vertikal dan itu juga membutuhkan power batrai yang ekstra.
Anda bisa mematikan fitur tersebut dengan mengubah setingan animasi manjadi tanpa animasi.

Tips Tambahan bagi pengguna smartphone OPPO yang dilengkapo sistem ColorOS, kita mudah untuk menghemat daya dengan berbagai macam fasilitas hanya dengan satu kali ketukan seperti gambar dibawah ini, sistem OPPO dilengkapi dengan mode hemat daya pada bagian Pengaturan.


 Demikian sekilas mengenai cara menghemat daya pada smartphone kamu dengan memanfaatkan fasilitas dari sistem smartphone itu sendiri, tentu saja ini hanya sementara. Untuk menghemat baterai tentu kita sendiri yang harus dibenahi dengan dengan cara mengatur penggunaan smartphone tidak menggunakan terlalu lama apa lagi sampai bagian belakang smartphone kamu terasa panas, tentu konsumsi batrai akan semakin cepat habis bahkan bisa memperburuk kondisi bantrai smartphone kamu.









EmoticonEmoticon